Berwisata ke Ponorogo

Posted on

puncak pringgitan ponorogoSelain tersohor dengan Reog Ponorogo, kota yang tergolong didalam provinsi Jawa Timur itu juga tersohor dengan sejumlah wisata Ponorogo. Apa aja daftarnya? Ini nih ulasannya untuk kalian.

Puncak Pringgitan

Sebuah wilayah daratan tinggi di Ponorogo ini tergolong kedalam lokasi Gunung Pringgitan. Dari sisi administratif, Gunung Pringgitan berada di desa Caluk, kecamatan Slahung. Tapi sebenarnya, gunung ini ada di perbatasan 3 desa, yaitu desa Kambeng, desa Broto dan desa Caluk. Dari tinggi 800 mdpl itu kalian dapat melihat panorama kota Ponorogo dari ketinggian. Disamping itu, kalian bisa meluapkan emosi kalian dari atas sana tanpa mengganggu siapa pun. Sebelum tiba di puncak ini, kalian lebih dulu harus mendaki kira-kira 3 km dari desa Caluk. Tapi jika kalian pingin lebih cepat sampai, kalian bisa naik motor. Tapi jangan begitu mengharap medan jalan yang gampang, ya. Jalanannya cuma diaspal sejauh 1 km, berikutnya jalanan masih berbatu.

Beji Sirah Keteng

Selain Gunung Pringgitan, kalian bisa mengunjungi obyek wisata alam lainnya di Ponorogo. Satu diantaranya ialah wisata Beji Sirah Keteng. Beji yang mempunyai arti kolam ini memiliki satu kolam luas hingga 1 ha. Terdapat pun sebuah arca manusia raksasa didekat kolam luas itu. Arca manusia ini lalu dinamakan arca Ratu Boko oleh warga sekitar. Menariknya, lokasi ini konon merupakan tempat mandi Ki Ageng Suryo Ngalam. Disamping itu, arca Ratu Boko tadi pun konon gambaran dari salah seorang raja raksasa yang hobi makan daging manusia, tapi kemudian mati di tempat sebab kesaktian Ki Ajar Prono.

Telaga Ngebel

Satu lagi tempat wisata Ponorogo yang tidak kalah indah. Obyek wisata alam satu ini merupakan sebuah telaga yang cukup unik dibanding telaga pada biasanya. Dibilang menarik sebab telaga ini punya kawasan yang lumayan luas dan amat hijau sebab dikelilingi pepohonan dari lereng gunung. Tidak heran bila Wisata Telaga Ngebel ini bakal menyajikan panorama alam yang amat indah dan memukau. Sebab keindahan alamnya, Telaga Ngebel ini tengah direncanakan pemerintah tuk menjadi kawasan wisata. Oh ya, ada legenda masyarakat lainnya yang hidup di telaga ini. Konon, seekor ular sempat bermeditasi disini, tapi belum sengaja dipotong lalu dimakan oleh orang setempat. Si ular kemudian menjelma jadi anak kecil yang menggelar sayembara tuk mencabut lidi yang tertancap di tanah. Cerita berakhir saat dicabutnya lidi itu oleh si ular dan darisana keluar mata air sampai terciptalah Telaga Ngebel.

Air Terjun Pletuk

Ponorogo tengah mempunyai obyek wisata air lainnya yang indah, yakni Air Terjun Pletuk. Wisata air terjun ini amat memesona dan menarik. Kalian bisa menjumpai lokasi air terjun ini di Sooko, atau tenggara Ponorogo. Disini, kalian bisa melakukan aktivitas lainnya selain menikmati panorama air terjun, semacam memanjat di wilayah climbing yang tersedia. Wisata alam ini pun sekarang sudah dilengkapi dengan fasilitas semacam toilet, tempat makan, area parkir serta mushola. Tak perlu khawatir bila kalian hendak bepergian kesini, sebab medan jalannya tak begitu sulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.