Green Canyon Pangadaran

Posted on

Green Canyon PangadaranGreen Canyon, ya, jangan salah bukanlah Grand Canyon di Amerika, tapi Green Canyon Pangkalianran dari pantai selatan Jawa Barat. atau kerap disebut “Cukang Taneuh” – arti dari Sunda lokal berarti Tanah jembatan. Green Canyon mempunyai jembatan selebar 3 m terdiri dari tanah diatas tebing kembar di kedua pinggir sungai. Keajaiban alam ini jelas menjadi suasana spektakuler yang tidak akan kalian temukan di tempat lain.

Nama Green Canyon dipercaya sudah dijuluki oleh salah seorang turis Perancis yang berkunjung ke lokasi tersebut tahun 1993 disebut bahwa air hijau bening dari sungai nan hijau lumut yang melimpah di tebing sudah memberikan nama andalannya. Ini keajaiban alam terkecil berada di Desa Kertayasa, Ciamis, kira-kira 31 Km berkendara dari Pantai Pangandaran.

Saat kalian sampai di gerbang masuk utama, yang dijadikan sebagai lokasi parkir Green Canyon, kalian akan memandang deretan perahu kayu yang terkenal disebut “Ketinting” tertata di tepi sungai. Mereka merupakan perahu yang bakal membawa kalian ke Green Canyon dan tarif Rp75.000 per orang. Aturan tuk menyewa perahu amat terorganisir: sehabis kalian bayar biaya kalian pasti menerima nomor. Kemudian kalian akan masuk ke perahu kalian setelah nomor disebut.

Ketinting akan membawa kalian kepada perjalanan mengeksplor sungai, menyisir air hijau jernih serta menciptakan ombak kecil dari kedua sisi. Dari perahu, kalian akan lihat pohon-pohon hutan hijau di pinggir tepi, dan terkadang ular ataupun kadal melompat ke sungai, atau tiba ke permukaan. Pandangan yang fantastis melompat pas di depan mata kalian. Tebing Kembar tegak berdiri di tiap sisi sungai, dengan stalagmit dan stalaktit diatas kepala, serta air jernih dibawah. Kalian mungkin berpikir bila ini adalah Taman Surga.

Air mengalir menurun dari tiap sisi tebing membentuk suara gemuruh air terjun. Saat air surut, kalian bisa berjalan dibawah  goa besar dan mengagumi apnorama antara 2 tebing tinggi. Sebab pakaian kalian pasti bakal basah kuyup, kalian mungkin menyelam kedalam perairan mengundang penasaran dan merasa segar dingin, walaupun lokasi tak begitu jauh dari laut. Tuk berenang menghadapi arus, diantara tebing raksasa dan dibawah kanopi bakal menjadi pengalaman lain. Paling nyata mengenai Green Canyon ialah bahwa tempat ini amat bersih. Tak ada sampah mengambang dan berserakan di sungai ataupun makanan ringan.

Berada tak terlalu jauh dari Pangandaran, Green Canyon merupakan suatu keharusan untuk mereka yang berencana mengunjungi Pangandaran. “Sepotong surga di bumi”, menjadi orang-orang yang sudah ada menggambarkannya. Suatu Keajaiban Alam yang tepat bersembunyi di balik semak tebal serta pepohonan hutan Pangandaran ini. Jika kalian berpikir kalian belum pernah tahu tentang tempat ini, cuma karena Green Canyon merupakan terbaik disimpan rahasia dari pantai Pangandaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.