Gunung Kelimutu, Keindahan Alam 3 Warnanya

Posted on

Gunung Kelimutu, Keindahan Alam 3 WarnanyaNama “Kelimutu” ialah nama gunung berapi,berada tidak jauh dengan kota kecil Moni di sentral pulau Flores Indonesia. Gunung berapi ini berada 50 km ke arah timur dari Ende, Nusa Tenggara Timur.

Taman Nasional Kelimutu ialah taman nasional terkecil diantara tujuh taman nasional di hamparan nusantara Bali dan pulau-pulau Nusa Tenggara. Berukuran tak terlalu masalah saat alam menawarkan sebuah keajaiban yang sangat spektakuler dihidangkan. Ada 3 danau di gunung terhimpun dari nama sama, Kelimutu, yang artinya ‘danau mendidih‘. Tiap-tiap memiliki warna sendiri dan nama berbeda. Tapi semua dipercaya sebagai tempat peristirahatan penunggu danau.

Terletak 66 km dari Ende atau 83 km dari Maumere, Danau Kelimutu didapatkan oleh seorang peneliti Belanda, Van Telen, tahun 1915. Dia mendapatkan ketenaran global usai Y. Bouman menulis didalam catatannya tahun 1929 mengenai danau aneh berubah warna. Wisatawan naik dari Moni, suatu kota kecil, basecamp backpackers, pandangan indah danau 3 warna muncul yang bakal tetap sempurna didalam pikiran. Danau sisi barat, Tiwu Ata Mbupu, artinya ‘ danau orang tua’. Yang tengah-tengah disebut Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, artinya ‘danau untuk pria muda dan gadis‘. Danau sisi timur disebut Tiwu Ata Polo, alias ‘danau untuk roh jahat‘. 3 danau cukup selalu berubah.

Berbeda pada Danau Biru di Gunung Gambier, Australia Selatan, yang berganti warna dari biru jadi abu-abu baja dingin didalam jangka waktu prediksi, atau Danau Yudamari di Gunung Nakadake, Jepang, bahwa perubahan dari biru ke hijau, danau Kelimutu tak bisa ditebak kapan dan apa warna mereka bakal berubah. Kadang-kadang, biru, hijau, lalu hitam, dan beberapa kali mereka beralih ke merah, putih, dan biru.

Kelimutu umumnya diselimuti kabut tebal. Wisatawan, rata-rata pergi sangat dini hari tuk melihat matahari terbit saat kabut bersih saat matahari terbit. Ini ialah saat terbaik tuk melihat danau. Jangan terlambat melihat keindahan matahari terbit. Waktu terbaik mengunjungi danau 3 warna kelimutu adalah bulan Juli dan Agustus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.