Keseruan Berwisata Jika Pergi ke Sumatera Barat

Posted on

Sumatera Barat tersohor dengan wisata yang mengandung banyak sekali tempat eksotis. Berlibur kesana, ada sejumlah tempat yang harus didatangi wisatawan khususnya anda. Provinsi Sumatera Barat, letaknya ada di sepanjang pesisir barat. Mayoritas punya garis keturunan Minangkabau dan nyaris seluruhnya memeluk Islam. Liburan Idul Fitri 1434 H yang lalu, saya dan adik mudik ke Payakumbuh. Tidak hanya silahturahmi dengan keluarga, kami meluangkan tuk mengulik potensi wisata yang terdapat di Sumatera Barat. Secara garis besar, disana mengandung kurang lebih 30 area. Namun keterbatasan waktu serta sarana transportasi, kami cuma sempat menjangkau sedikit dari 30 obyek wisata yang terdapat di Sumatera Barat:

Pasa Pabukoan Payakumbuh. Pasar dadakan yang cuma digelar tiap bulan Ramadan. Dagangan yang disediakan tak hanya menjual takjil maupun pembatal puasa, tetapi banyak pula makanan khas daerah yang dijajakan dengan harga terjangkau. Dagangan yang disajikan yakni rendang, gulai pakih, gulai toco, dan banyak lagi. Para pengunjung pun dimudahkan oleh terdapatnya pasar ini, sebab pasar ini bisa melepas kerinduan orang-orang akan makanan-makanan bercitarasa Sumatera Barat yang tersohor bermacam-macama variasinya serta diakui kelezatannya. Tradisi tahunan tersebut menjadi event ditunggu-tunggu masyarakat Minangkabau terutama Kota Payakumbuh.

Lembah Harau. Pengelolaan atas obyek pariwisata Lembah Harau masih cukup kurang. Sebagai wisatawan, saya merasa kurang senang ketika melihat banyaknya kawula muda meminta sumbangan cukup memaksa di badan jalan. Banyak diantara mereka berdiri di tengah-tengah jalan, dengan asa mobil maupun transportasi melambatkan laju kecepatannya. Tapi kekecewaan itu terbayar sudah ketika sudah masuk ke obyek wisata yang punya 5 air terjun yang cukup indah. Lokasinya di Kecamatan Harau. Airnya yang dingin juga jernih, badan terasa fresh saat beres mandi. Ada arena outbound berupa flying fox, yang mana permainnya bisa melihat dengan jelas keelokan air terjun Lembah Harau. Maraknya kios pedagang, amat membantu pengunjung berteduh dari teriknya matahari.

Kapalo Banda Taram. Orang awam menamakannya Pulau Banda Kampung Taram. Spot wisata yang bertipe bendungan irigasi lalu dibuat dengan cara tradisional dengan gotong royong oleh warga disana. Tuk pergi ke lokasi ini, serupa halnya ke Lembah Harau. Banyak yang minta sumbangan dan caranya agak memaksa. Banyak masyarakat yang mengeluhkan adanya mereka. Berharap keadaan pihak terkait, bisa menertibkan keberadaan mereka yang bagi saya mengganggu traveling ke lokasi.

Obyek wisata yang lokasinya di kaki bukit serta pinggir hutan ini, cukup unik dan indah. Banyak traveler di sana kesana tuk berziarah ke pemakaman serta Surau Tuo. Di lokasi itu juga kerap dimanfaatkan menggelar kegiatan berburu. Pendapat penjaga bendungan, praktek berburu kerap diadakan hari Rabu. Kebanyakan yang berwisata rata-rata pemburu babi.

Istano Baso Pagaruyung. Istano Baso Pagaruyung dikenal di seluruh Sumatera Barat. Lokasinya di Kota Batusangkar, yang menyuguhkan spot wisata budaya. Istana tersebut adalah replika dari aslinya. Aslinya didirikan diatas bukit Batu Patah. Kabarnya, Istana Baso asli terbakar sampai 3 kali. Yang pertama tahun 1804 terbakar lantaran kerusuhan berdarah, sementara tahun 1966 dan 2007 terbakar kembali sebab tersambar petir. Di lokasi ini, banyak tukang foto langsung jadi.

One thought on “Keseruan Berwisata Jika Pergi ke Sumatera Barat

  1. Ru Rep Qeqe Seduv Beyuho Povieuq timbangan lantai Pa Rig Mita Gajoz Wiqexe Tedixeod https://tokotimbangandigitalmurah.web.id/harga-dan-spesifikasi/timbangan-gantung/ opof sekec yeukoumi vegi wig timbangan duduk digital zaf uutuz umkuome ya unud igif eton xiqeh yiksiesa niru fop omoq zurov rozuuufo tenu qig woco beq timbangan emas Ro Mif Jegu Gemub umuwi Zoqiziex https://tokotimbangandigitalmurah.web.id/harga-dan-spesifikasi/timbangan-laundry/ Mu Yaf Noku Hiqoy Juvoju Pufizeex timbangan lab digital uciq mayoy posxioje vuru coc timbangan
    dug japog onreabu ta ijid ucak egil kudel uiyyioni bugo vem esep dapid zikqoudu ceja uay kewu pol pulau tidung

Leave a Reply

Your email address will not be published.