Keunikan Budaya Tanah Toraja

Posted on

TongkonanTanah Toraja adalah sebuah kabupaten yang ada di provinsi Sulawesi Selatan. Dengan aset budayanya, Wisata Tanah Toraja jadi salah satu pilihan pengunjung yang mau melihat keunikan budaya Nusantara.

Tongkongan

Tongkongan ialah rumah adat untuk masyarakat Tanah Toraja. Keunikan rumah adat Toraja ini ialah bentuk atapnya yang melengkung di dua sisinya semacam perahu dan tanduk kerbau yang ditancapkan di bagian depan rumah. Bila dulu atap rumah dibuat dari susunan bambu, sekarang warga sudah berpaling ke seng. Tongkongan berfungsi menjadi ruang penyimpanan mayat, tapi digunakan juga menjadi dapur dan kamar tidur. Tongkongan bersumber dari kata tongkon, yang mempunyai arti duduk bersama. Tongkongan ini terbagi sesuai dengan strata sosial yang terdapat di masyarakat Tanah Toraja. Penasaran? Kalian bisa berkunjung ke Tongkongan Pallawa yang ada diantara pepohonan bambu di puncak bukit.

Londa

Selain Tongkongan, warga Toraja juga mempunyai tempat penyimpanan mayat lainnya yang disebut Londa. Londa ialah kawasan bebatuan curam yang ada diatas bukit, dimana ada beberapa goa sebagai tempat penyimpanan peti mayat. Penempatan peti mayat belum dilakukan dengan sembarangan, melainkan disetting sesuai dengan garis keturunan. Pada satu sisinya, Londa berhadapan langsung ke alam terbuka lantaran pintu goa tak ditutup. Jadi, di satu sisi bukit Londa mengarah kepada hamparan alam hijau yang indah. Kalian bisa melihat Londa yang berada di sekitar 5 km dari Rantepau bagian selatan.

Ke’te Kesu

Ke’te Kesu adalah satu desa yang mempunyai pesonanya sendiri. Sebuah pilihan pariwisata Tanah Toraja ini dinamai Ke’te Kesu dan mempunyai arti pusat kegiatan. Artinya, Ke’te Kesu sebagai satu pusat dimana ada perkampungan warga, kawasan kerajinan, serta komplek kuburan. Disini, tidak hanya menjumpai Tongkongan, kalian pun dapat melihat sejumlah bangunan dan lumbung padi yang jadi peninggalan historis dari masa Megalitikum. Ke’te Kesu dikenal dengan seni ukirannya dan pusat cinderamata asli Tanah Toraja, jadi jangan lupa tuk menyempatkan waktu berburu cinderamata di sini.

Batu Tomonga

Kalian ingin melihat panorama hamparan alam Tanah Toraja secara leluasa? Datang ke Batu Tomonga. Satu kawasan alam ini jadi rumah bagi 56 batu menhir yang ada didalam satu lingkaran, lengkap 4 pohon yang ada di pusat batu tersebut. Batu-batu menhir rata-rata mempunyai tinggi 2 hingga 3 m. Lantaran memiliki ketinggian hingga 1,300 mdpl, Batu Tomonga sebagai sebuah tempat yang amat strategis tuk menikmati panorama Rantepao dengan lembah-lembahnya yang istimewa dan alam hijaunya indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.