Sebelum Usia Habis, Harus Wajib Datangi Wakatobi

Posted on

Fakta yang amat menarik, daratan Wakatobi cuma dihuni kurang lebih 100 ribu penduduk saja disana, namun alam bawah lautnya punya 750 spesies karang dari total 850 spesies yang terdapat di dunia. Red Sea yang ngetop saja “hanya” memiliki 200 spesies, bahkan di Karibia cuma ada 70 spesies. Wow! Buat kita para diver dan penikmat snorkeling, keragaman terumbu karang tentunya sangat penting dong. Kita bisa memandangi beraneka ragam spesies pada satu tempat sekaligus tanpa ada banyak usaha, dan yang disaksikan pun beragam. Nah, untuk kamu yang penasaran dengan Wakatobi, buruan pergi kesana, mumpung sehat, muda dan kuat. Apalagi ada tidak sedikit trip-trip yang bisa meringankan kamu liburan ke Wakatobi ini seperti paket wisata.

Lalu ngapain aja disana ya? Tentu saja, diving serta snorkeling dong. Ini sih bersifat super duper wajib! Iyalah, berekreasi ke Wakatobi kan maksudnya melihat “surga dibawah laut”. Kehidupan di bawah laut disini sungguh-sungguh kaya. Contohnya semacam di titik penyelaman di wilayah Pulau Tomia dan Hoga. Tidak usah sampai menyelam dan snorkeling, dari kapal pun terumbu karangnya tampak jelas. Saat masuk, wah kamu bakal lihat terumbu karang yang menempel, sangat subur dan sehat terawat pastinya.

Menariknya, kamu tidak akan menemukan pemandangan yang seperti itu saja disana selama snorkeling dan diving. Terumbu karangnya sangat beragam, mulai dari yang bentuknya semacam otak, yang bentuknya mirip hamparan kembang kol juga mawar raksasa, kemudian bentuk pentol-pentol, meja, dan lain-lain. Soft coral-nya juga beraneka ragam, mulai bentuk bunga kecil, jamur, pohon, hingga kipas laut (sea fan) yang besar semuanya dengan warna mencolok. Keren!

Ikan di sini pun luar biasa banyaknya. Memang tak ada ikan besar sebab situs-situs di Wakatobi bukanlah perairan dalam, namun ada penyu, lobster, bumphead parrot fish, lion fish, ular laut, moray eel, berikut moluska semacam nudibranch yang itu sendiri beragam jenisnya. Kamu bisa dengan mudah melihat nemo juga disana, alias clown fish dalam jumlah banyak. Warnanya tidak hanya putih-oranye, namun juga ada ungu dan biru. Ada pula fenomena ratusan ikan barakuda yang memiliki panjang 1 meter, yang kerap berenang mengelilingi penyelam di situs Table Coral City.

Jika rekreasi di Wakatobi, usahakan kejar rush hour dengan diving mulai jam 6 pagi tuk lihat rombongan ikan di Ali Reef. Dipastikan, kamu bakal “pusing” melihat serangan ratusan ikan dari berbagai arah, yang renang dengan kecepatan tinggi. Ribuan ikan yang layaknya tornado tersebut warnanya pun berbeda-beda, biru, kuning, hitam, jingga, dan mungkin bakal bertemu dengan giant trevally juga! Gimana, seru kayaknya ya diving dan snorkeling di Wakatobi? Nah, kini tinggal sesuaikan trip Wakatobi yang mau kamu ambil, dan cusssss berangkat!

2 thoughts on “Sebelum Usia Habis, Harus Wajib Datangi Wakatobi

Leave a Reply

Your email address will not be published.