Wisata Bengkulu

Posted on

Kalian tahu bunga Rafflesia Arnoldi atau terkenal dengan sebutan Bunga Bangkai? Ya, mungkin kalian pernah melihatnya menjadi salah satu koleksi kebanggaan dari Kebun Raya Bogor, namun rupanya, bunga cantik itu berasal dari Bengkulu! Penasaran dengan wisata di Bengkulu lainnya yang lebih menarik selain Bunga Bangkai? Tetap stay tune di artikel ini.

Benteng Marlborough

Bukan brand produk rokok. Tetapi benteng bersejarah yang jadi bukti fisik bila bangsa Inggris sempat menduduki Bengkulu. Dahulu, Benteng Marlborough dimanfaatkan tuk benteng pertahanan. Didirikan diatas lahan 200 m2, benteng ini dibuat tahun 1713 dan tuntas 6 tahun setelahnya atau tahun 1719. Benteng ini dikatakan sebagai benteng terkuat kedua yang sempat dimiliki bangsa Inggris ketika itu di kawasan bagian timur, usai benteng mereka berada di India, Benteng St. George. Menariknya, jika kalian melihatnya dari atas, kalian dapat melihat rupa lokasi benteng yang mirip kura-kura. Bahkan, ada satu jembatan di benteng seperti menghubungkan bagian badan pada kepala ‘kura-kura’ itu.

Rumah Pengasingan Bung Karno

Jika kalian sejalan dengan cerita sejarah Indonesia, barangkali kalian sempat mendengar kisah pengasingan Bung Karno di Bengkulu. Nah, ada rumah pengasingan Bung Karno yang berada di Bengkulu. Rumah sederhana yang berada di Jl. Soekarno Hatta, kecamatan Gading Cempaka ditempati oleh Bung Karno hingga 4 tahun, ialah 1938 hingga 1942. Rumah sederhana ini punya ukuran 18 x 9 m. Jika dilihat dari gaya arsitek rumah yang mempunyai lubang angin dan sejumlah ornamen khas Tionghoa, diduga bila rumah ini tadinya adalah milik pedagang China menjelang disewa oleh tentara Belanda tuk dijadikan rumah pengasingan. Disini, kalian bisa melihat suasana rumah, dan beberapa benda koleksi kepemilikan Bung Karno misalnya buku-buku, sepeda, sampai surat cinta punya Bung Karno dan Fatmawati.

Museum Negeri Bengkulu

Nah, jika kalian ingin kenal Bengkulu lebih dalam lagi, kalian wajib mengunjungi museum satu ini. Kalian bisa mencarinya di Jl. Pembangunan No. 8 yang ada di Padang Harapan. Museum ini menjadi wadah banyak nilai historis dan budaya yang bisa kalian pelajari. Di tempat ini, kalian bisa melihat koleksi hingga 6,000 buah yang terbagi kedalam 10 kategori. Sebuah koleksi favorit yang sangat banyak diminati wisatawan museum ialah mesin cetak uang merah yang terkenal, Golden Press. Ada juga Kain Bersurek, kain khas dari Bengkulu, 126 buah naskah kuno yang anonim, peralatan rumah tangga pada zaman dulu, miniatur rumah adat Bengkulu, pakaian serta senjata tradisional.

Pantai Tapak Paderi

Jika sudah melihat sejarah dan budaya, kini waktunya mengungkap keindahan alam Bengkulu. Pantai Tapak Paderi merupakan obyek wisata pantai yang ramai kunjungan wisatawan. Oh ya, pantai ini berada 100 m saja dari Benteng Marlborough. Disini, kalian dapat menikmati bentangan pantai indah. Disamping itu, pantai ini pun terkenal dengan momen sunset. Sambil menikmati sunset, kalian bisa melahap kuliner yang banyak dijual disini misalnya pisang bakar, dan es kelapa muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.